fbpx

Ketahui Beragam Manfaat Tes DNA, Apa Saja?

Share:

tes dna

Selain digunakan untuk kebutuhan forensik dan melacak garis keturunan, tes DNA juga sangat berguna untuk mengenali kondisi kesehatan Anda.

Mengapa tes DNA begitu penting? Sederhananya, DNA adalah cetak biru (blue print) yang menentukan ciri khas setiap seseorang.

Teruslah membaca untuk menemukan informasi tentang apa itu DNA, apa saja fungsinya, dan bagaimana prosedur pemeriksaannya.

 

Apa itu Tes DNA?

Tes DNA adalah tes genetik yang digunakan untuk mengidentifikasi gen, kromosom, atau susunan protein dalam tubuh. DNA yang merupakan singkatan dari Deoxyribonucleic Acid adalah rantai molekul yang berisi materi genetik yang khas pada setiap orang. Tidak hanya pada manusia, tapi pada semua makhluk hidup memilikinya.

DNA menyimpan semua informasi genetik dan membawa instruksi untuk fungsi tubuh. DNA kitalah yang menentukan tipe rambut, warna kulit, dan sifat-sifat khusus dari tubuh manusia.

 

Apa yang dilakukan DNA?

DNA berisi instruksi yang menentukan sifat dan fungsi tubuh manusia, serta berperan dalam proses tumbuh kembang dan reproduksi. Instruksi ini ada dalam urutan pasangan basa nukleotida.

Apabila kita ibaratkan sebagai tubuh, maka DNA diibaratkan sebagai otak yang dapat mengatur segala proses di dalam tubuh. Di samping itu, DNA juga mempunyai peran penting dalam pewarisan sifat. Tugas utamanya membawa materi genetik dari satu generasi ke generasi berikutnya. 

 

Untuk Apa Tes DNA dilakukan?

Manfaat tes DNA bukan hanya untuk mengetahui garis keturunan atau identitas seseorang. Namun dilansir dari Circle Magazine, tes ini juga dipakai untuk beberapa alasan medis, diantaranya:

 

  1. Mengetahui Risiko Penyakit Genetik

Jika Anda telah lebih dulu mengetahui bahwa Anda berisiko terkena penyakit genetik, tes DNA dapat menuntun Anda mengambil tindakan pencegahan dan memilih perawatan yang tepat.

Beberapa risiko penyakit genetik yang dapat dideteksi meliputi thalasemia, anemia sel sabit, fibrosis kistik, dan lainnya.

 

  1. Profil Genetik Kulit

Manfaat menarik dari tes DNA adalah Anda dapat mempelajari profil genetik kulit Anda. Anda dapat mengetahui apa saja kebutuhan khusus kulit Anda.

Contohnya seperti risiko freckles (bintik-bintik pada wajah), risiko stretch mark, risiko psoriasis, risiko eksim, risiko dermatitis kontak iritan, dan sebagainya.

Dengan mengetahui risiko-risiko tersebut, Anda dapat mengambil tindakan pencegahan yang tepat terhadap kondisi kulit Anda.

 

  1. Wajah, Tubuh, dan Ciri Fisik

Melalui tes DNA, Anda bisa lebih mengenali ciri-ciri fisik seperti bentuk mata, hidung, rambut, dan sebagainya.

Dari tes tersebut Anda juga bisa memperkirakan keturunan nantinya akan mewarisi ciri-ciri fisik yang seperti apa.

 

  1. Profil Nutrisi

Tes DNA juga bisa mengetahui profil nutrisi dalam tubuh sehingga Anda bisa mengetahui pola diet yang tepat untuk Anda.

Contohnya jika Anda kebingungan mengenai kesulitan menambah berat badan. Maka dengan tes ini, Anda akan mencari tahu ada masalah apa dalam tubuh Anda sehingga menyebabkan hal tersebut. Misalnya jenis nutrisi apa yang perlu ditambah atau dikurangi dan sebagainya.

 

  1. Kepribadian dan Perilaku

Lebih lanjut, tes DNA tidak hanya untuk mengetahui kondisi fisik saja tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk mengenali kepribadian diri.

Dengan menganalisis gen, Anda bisa mempelajari apa bakat alami yang Anda miliki, kecenderungan emosional, perilaku, dan karakter lainnya.

Hasil tes ini dapat membantu Anda dalam mengetahui profesi atau pekerjaan apa yang lebih cocok untuk Anda geluti. 

Selain itu, tes DNA juga bisa Anda gunakan untuk mengetahui bakat yang anak Anda miliki sehingga pendidikan yang diberikan lebih sesuai dengan potensi dan karakternya.

 

  1. Kecenderungan Kecanduan

Kecanduan dalam bentuk apapun adalah masalah kesehatan yang sangat serius, jadi akan sangat membantu untuk mempelajari kecenderungan kecanduan Anda berdasarkan DNA Anda. 

Jika Anda berisiko kecanduan alkohol atau kecanduan merokok, tes DNA Anda akan menyertakan informasi tentang risiko ini.

 

  1. Program Aktivitas Fisik dan Olahraga yang Tepat

Tes DNA dapat membantu Anda memahami tipe tubuh Anda dan mengetahui program aktivitas fisik atau olahraga yang terbaik. Ini karena kekuatan dan daya tahan tubuh tergantung pada genetika Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mengetahui aktivitas seperti apa yang dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan dan kebugaran tubuh secara optimal.

 

  1. Merencanakan Kehamilan Berdasarkan DNA Anda

Jika Anda dan pasangan sama-sama mendapatkan tes DNA yang komprehensif, Anda bisa mendapatkan wawasan genetik tentang apakah Anda atau pasangan membawa kondisi yang dapat diwariskan dan diturunkan kepada anak-anak Anda. 

Banyak dari kita adalah pembawa gen penyakit tertentu (carrier) dan kita tidak mengetahuinya. Ini penting untuk mengetahui risiko menurunkan suatu kondisi kepada anak Anda yang belum lahir.

 

  1. Laporan Nutrisi Genetik

Bagi Anda yang sedang mendambakan tubuh ideal, tes DNA dapat membantu Anda mewujudkannya. Anda bisa memperoleh informasi tentang respon tubuh Anda terhadap makanan, dan diet optimal berdasarkan gen Anda. 

Tes DNA akan memberi Anda profil diet lengkap dengan rekomendasi berdasarkan kebutuhan diet Anda. Anda akan diberitahu tentang sensitivitas karbohidrat, intoleransi laktosa, dan sebagainya.

Hasil pemeriksaan DNA juga dapat memberikan informasi tentang kemampuan tubuh dalam menyerap vitamin dan mineral penting. Misalnya jika secara genetik Anda memiliki kebutuhan zat besi yang lebih tinggi, maka Anda perlu menambahkan lebih banyak zat besi ke dalam menu harian.

 

Referensi:

  1. Horton, R., Crawford, G., Freeman, L., Fenwick, A., Wright, C. F., & Lucassen, A. (2019). Direct-to-consumer genetic testing. BMJ, L5688. doi:10.1136/bmj.l5688
  2. Wahome, C. (2021). How accurate are DNA ancestry tests? Retrieved November 13, 2022, from https://www.webmd.com/a-to-z-guides/features/accurate-dna-ancestry-tests#091e9c5e8225548d-1-3
  3. Komputer, U. (2022). Pembuatan Profil DNA. Retrieved November 13, 2022, from https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Pembuatan_profil_DNA
  4. Seladi-Schulman, J. (2022, February 11). What is DNA? summary, structure, and importance. Retrieved November 13, 2022, from https://www.healthline.com/health/what-is-dna#dna-in-cells
  5. Genetic testing. (2020, April 14). Retrieved November 13, 2022, from https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/genetic-testing/about/pac-20384827

Share: